Tips Bantu Anak Hadapi Lingkungan Baru

Selasa, 04 September 2012 | komentar




BERTEMU dengan orang baru kadang membuat anak menjadi takut. Temani dan ajak berdiskusi untuk menghadapi hal seperti ini.

Memasuki sebuah lingkungan atau menemui orang baru tak mudah bagi setiap anak.
Beberapa anak-anak bisa langsung beradaptasi sementara yang lain sepertinya butuh pemanasan terlebih dulu. Sekali lagi, kemampuan anak untuk beradaptasi dipengaruhi oleh wataknya.

Biarkan anak mencoba untuk beradaptasi dan bersabar. Duduklah dan bermain dengan anak Anda untuk membantunya merasa nyaman dan mulai terlibat dengan orang dan lingkungan baru. Jika dulunya Anda juga seperti itu, bicarakan dan ceritakan padanya tentang bagaimana Anda mengatasi perasaan takut tersebut.

Ternyata, tak hanya lingkungan baru yang dapat membuat anak menjadi takut. Berikut ini ialah beberapa hal yang memicu ketakutan pada anak :


Takut film
Balita juga bisa merasa takut jika menonton sebuah adegan film. Mereka bahkan bisa takut pada adegan yang tidak menakutkan sekalipun, sehingga sulit untuk memprediksi apa yang memicu ketakutannya.
Untuk mengatasinya, hindarilah tayangan bersifat horor atau kekerasan. Namun Anda juga bisa menonton film seram tapi sambil menjelaskan bahwa hal tersebut tidak nyata, melainkan hanya ada di film. Hal ini bisa membantu menghilangkan ketakutan pada anak.

Takut suara yang keras dan tiba-tiba
Apakah balita Anda melompat ketika Anda menggiling kopi, menggunakan vakum cleaner, menyiram toilet atau justru takut akan petasan dan kembang api? Beberapa anak kecil memang sangat sensitif terhadap suara. Itu bisa menandakan bahwa mereka mempunyai indera pendengaran yang tajam atau memang anak Anda memang mudah terkejut. Bagi beberapa anak, gerakan atau suara mendadak bisa memicu reaksi fisiologis yang kuat.
Berilah penjelasan singkat untuk membantu balita memahami apa yang baru saja terjadi. Lain kali, jika Anda ingin menghidupkan mesin yang berisik, Anda dapat memberitahu si kecil terlebih dahulu untuk menutup telinganya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Komang ZONES - All Rights Reserved
Created by Komang ZONES