Ular jenis pit viper Tanpa Pejantan Bisa Melahirkan

Sabtu, 15 September 2012 | komentar



Ular jenis pit viper yang liar bisa bereproduksi tanpa bantuan pejantan. Hal ini mengindikasikan bahwa peristiwa virgin birth atau reproduksi tanpa pembuahan telah lama terjadi di alam.

Sebuah analisis genetika mengungkap contoh dari kejadian virgin birth pada dua spesies ular pit viper yaitu copperhead (Agkistrodon contortrix) dancottonmouth (Agkistrodon piscivorus).

Dalam sampel genetika tersebut, analisis DNA yang dilakukan berhasil mengungkap keberadaan keturunan yang diproduksi hanya oleh gen sang Ibu, tanpa kontribusi genetis dari Ayah.

Reproduksi asexual tersebut merupakan hal yang umum bagi invertebrata (hewan tak bertulang belakang). Namun jarang terjadi pada vertebrata (hewan bertulang belakang).

Misalnya, komodo bisa melahirkan keturunan dengan cara parthogenesis. Pada cara ini, telur yang belum dibuahi bisa berkembang menjadi dewasa. Virgin birth serupa juga terlihat setidaknya dua kali pada ikan hiu, lalu ayam, kalkun dan ular.

Kejadian tersebut telah berhasil diamati pada vertebrata di penangkaran, namun belum pernah ditemukan di alam liar. "Sampai penemuan ini terjadi, parthenogenesis fakultatif atau reproduksi aseksual yang dilakukan hewan yang normal secara seksual, dianggap sebagai fenomena penangkaran," ujar peneliti sekaligus ekolog molekuler di University of Tusla, Warren Booth.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Komang ZONES - All Rights Reserved
Created by Komang ZONES