"Tidak Cukup Diblokir, Hapus Konten Jual-Beli Pulau Indonesia"

Kamis, 06 September 2012 | komentar






Menanggapi penjualan sejumlah pulau milik Indonesia di situs online Private Island Online. Pakar Telematika Ruby Alamsyah mengatakan bahwa Pihak Kominfo dan beberapa pihak terkait harus menentukan langkah mengenai kasus tersebut.

Menurutnya dalam era digital seperti saat ini, semua bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun persoalanannya hanya menunggu beberapa pihak terkait untuk memutuskan apakah pemuatan sejumlah pulau di Indonesia ke dalam daftar pulau diperjualbelikan adalah ilegal.

“Di sisi IT ini mudah saja, namun sekarang tinggal menunggu Kominfo dan beberapa pihak untuk memutuskan apakah situs Private Island Online terbukti melakukan penjualan secara ilegal,
Sementara itu, jika terbukti bersalah ia pun menerangkan bahwa pemblokiran situs bukanlah hal yang efektif. Pasalnya situs tersebut dapat diakses secara global, sehingga jika hanya diblokir di dalam negeri beberapa pengguna masih dapat mengakses di luar dan melakukan transaksi tersebut.Oleh karena itu, Ruby pun berpendapat pemerintah melalui Kominfo harus meminta pemilik situs Private Islands Online untuk menghapus konten yang menjual sejumlah pulau milik Indonesia.

Kalo Cuma diblokir nanti banyak orang di luar negeri masih bisa akses dan melakukan transaksi, jadi ya seharusnya Kominfo meminta pihak situs tersebut untuk menghapus konten, dari situs resmi www.privateislandsonline.com, Kamis (6/9/2012) ada dua pulau yang diperjualbelikan di situs tersebut. Diantaranya ialah Pulau Gambar dan Gili Nanggu.

Dalam situs tersebut, pihak pengelola situs memampang dua pulau lengkap dengan lokasi dan biaya pembelian dan penyewaan pulau tersebut.  Pulau Gambar yang terletak di laut Jawa misalnya, Private Island Online sendiri membandrol harga USD 725 ribu untuk membeli pulau tersebut.Kemudian untuk Gili Naggu, pihak pengelola situs membanedrol harga Rp9 miliar lebih. Gili Nanggu terletak di Laut Bali, Lombok. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Komang ZONES - All Rights Reserved
Created by Komang ZONES